RPP Kurikulum 2013

Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf

Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf

Gunakan ini untuk Berlangganan & Berbagi

Disertasi
Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf

Judul Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma "Thawaf" (Sebuah Komtemplasi Bagaimana Mewujudkan Teori Hukum Yang Membumi /Grounded Theory Meng-Indonesia)
OLEH : TURIMAN
email: qitriaincenter@yahoo.co.id
PROGRAM DOKTOR ILMU HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2010
Pengantar Penulis:

Manusia merupakan mahluk yang selalu ingin tahu, Tidak pernah puas terhadap segala sesuatu yang telah ada, Sesuai konsekuensinya Ilmu terus menerus berkembang sejalan dengan pemikiran manusia pada waktu dan tempat yang dijalaninya. Dalam perkembangan dunia semakin modern ilmu juga mengalami perubahan –perubahan. Dalam tataran inilah pratik-pratik komunitas ilmuwan dalam kegiatannya bukan saja dipengarahui oleh Weltanshauung dan perspektif relegius serta paradigma sang ilmuwan, melainkan juga telah dibayangi itu sendiri dalam hakekat pemahamannya.

Dengan perkembangan yang demikian, maka akan sangta sulit untuk mengatakan bahwa ilmu itu netral. Sejak semula ilmu memang tidak netral, melainkan sarat nilai. Bukan saja nilai-nilai konstutif yang mempengaruhi ilmuwan, melainkan juga nilai-nilai kontekstual. Dengan nilai kontekstual itulah ilmuwan sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh kepentingan lain. Dengan demikian, sistem nilai yang dianut suatu komunitas ilmuwan akan mempengaruhi kesepakatan mengenai anggapan apa yang merupakan ilmu itu.

Demikian juga ilmu hukum yang berkembang hingga saat ini pada dasarnya tercipta melalui perdebatan-perdebatan intelektual yang panjang dan melelahkan untuk menemukan "kebenaran hukum" itu, Namun perlu dipahami bahwa meskipun suatu paradigma dalam suatu ilmu hukum dianggap telah usang dan tidak mampu untuk menjawab dan memberi solusi atas problem baru yang muncul belakangan, yang kemudian memunculkan paradigma baru ilmu hukum, namun paradigma lama tidak sendirinya tergusur. Paradigma lama tersebut masih bertahan secara teguh dalam suatu komunitas ilmuwan yang bersangkutan, tanpa mau menoleh kepada paradigma yang muncul belakangan.

Tulisan ini mencoba memaparkan atau mengkristalkan pemikiran Prof Satjipto Rahardjo dari beberapa pemikiran beliau yang penulis lakukan melalui komtemplasi digelapan malam. Oleh karena itu paparan ini lebih mengarah paparan kepingankepingan pemikiran yang tersebar dari artikel dan buku-buku beliau serta mengikuti perkembangan berbagai komentar para penstudi hukum setelah menganalisa pemikiran dalam sebuah diskusi terbatas di Universitas Tanjungpura dengan para mahasiswa peserta S3 Program Doktor Ilmu Hukum UNDIP KPK UNTAN 2009, bersama mencuatnya pernyataan Ketua MK Mahfud MD yang menyatakan pada sebuah acara telivisi (TV ONE) yang menyatakan, bahwa ia sependapat dengan pandangan Prof Tjip dan hal itu disampaikan setelah satu hari Prof Tjip memberikan kuliah melalui telekomprence yang diikuti oleh seluruh Fak Hukum di Indonesia dan ketika itu penulis tergugah dan bertanya apa sebenarnya Paradigma Hukum Progresif itu sebenarnya?

Penulis menyadari, bahwa ketika memasuki situasi transisi dan perubahan yang sangat cepat saat ini, hukum Indonesia ternyata memiliki banyak catatan untuk dikaji. Salah satunya yang dapat dipaparkan pada paparan ini, yaitu pandangan seorang yang dapat disebut pakar yang selama ini senantiasa melihat hukum melalui cara pandang berbeda. Dialah Prof Satjipto Rahardjo, barang kali bukan nama yang asing bagi kalangan praktisi dan akademisi hukum di Indonesia. Buah karyanya dalam berbagai tulisan telah memberikan nuansa baru bagi perkembangan. Oleh karena itu paparan ini masih pada tingkat paparan dan perian dan deskriptif, namun secuil sketsa ini semoga memberikan manfaat bagi para penstudi hukum.

Download Gratis di sini

Anda sedang membuka Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf
Alamat url: http://fatihebook.blogspot.com/2012/07/download-disertasi-memahami-hukum-progresif-prof-satjipto-rahardjo-dalam-paradigma-thawaf.html
Semoga Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf ini bermanfaat

+ komentar + 3 komentar

Anonim
9 Oktober 2012 pukul 14.47

Gak bisa di download yah?

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf
29 Oktober 2012 pukul 02.03

Trima kasih saya minta ijin download.

Terimakasih Kraeng Francisco atas Komentarnya di Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf
8 November 2012 pukul 16.43

Setelah download, ebooknya bisa di cetak menjadi buku
Caranya bisa lihat disini http://papirus.in

Terimakasih Papirus atas Komentarnya di Download Disertasi: Memahami Hukum Progresif Prof Satjipto Rahardjo Dalam Paradigma Thawaf

Posting Komentar